Teori Taksonomi Bloom
TAKSONOMI
BLOOM
Menurut
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Taksonomi adalah klasifikasi bidang ilmu,
kaidah, dan prinsip yang meliputi pengklasifikasian objek. Taksonomi Bloom
pertama kali dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom bersama timnya ketika melakukan
penelitian tujuan pendidikan pada tahun 1956. Benjamin S. Bloom membagi tujuan
pendidikan menjadi beberapa ranah, wadah, wilayah, tempat, kawasan (domain)
dan di setiap domain tersebut dibagi lagi dengan pembagian yang lebih jelas
berdasarkan tingkatannya (hierarki).
1.
Wilayah Kognitif atau Cognitive Domain, perilaku yang menekankan pada aspek
kecerdasan (intelektual), seperti penjelasan, pengertia, cara berpikir,
pengetahuan.
·
Pengetahuan (Knowledge)
·
Pemahaman (Comprehension)
·
Aplikasi (Application)
·
Analisis (Analysis)
·
Sintesis (Synthesis)
·
Evaluasi(Evaluation)
Sumber :
http://novitadyahpratiwi.blogspot.co.id/2013/04/lanjuuuuuut-dengan-kko-bloom-katakerja.html
2.
Wilayah Afektif atau
(Receiving)
·
Tanggapan (Responding)
·
Penghargaan (Valuing)
·
Pengorganisasian (Organization)
·
Karakterisasi(Characterization)
Sumber : http://novitadyahpratiwi.blogspot.co.id/2013/04/lanjuuuuuut-dengan-kko-bloom-katakerja.html
3.
Wilayah Psikomotor atau Psychomotor Domain, Perilaku
yamh menekankan pada adpek keterampilan penggerak (motorik), seperti mengetik,
merakit, mengendalikan sesuatu, berolahraga, menulis.
·
Menirukan
·
Memanipulasi
·
Pengalamiahan
·
Artikulasi
Sumber :
http://novitadyahpratiwi.blogspot.co.id/2013/04/lanjuuuuuut-dengan-kko-bloom-katakerja.html
Sumber :
https://www.kbbi.web.id/taksonomi (Diakses pada tanggal 24 Desember 2017 pukul 16:24 WIB)
https://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom (Diakses pada tanggal 24 Desember 2017 pukul 16:24 WIB)
http://novitadyahpratiwi.blogspot.co.id/2013/04/lanjuuuuuut-dengan-kko-bloom-katakerja.html
(Diakses pada tanggal 24 Desember 2017 pukul 16:24 WIB)
Komentar
Posting Komentar